oleh

Kabar Terbaru- Saya Bukanlah Segalanya

Aku Bukanlah Segalanya
 “Titt… Tiitt!” ku raih segera handphoneku yang lagi nagkring di meja belajarku, ku buka segera sebuah pesan singkat di layar handphoneku.


From: Faza

Hai Neisya?, met pagi ya:D!

Huft, lagi-lagi beliau yang sms, bagaimana sih bentuk wajahnya?, seseorang yang ngaku punya nama Faza dan satu sekolah sama saya selalu mengisi inbox hpku entah hanya menyapa, malah kadang pernah ngobrol, asyik sih kalau sama beliau dapat nyambung, tapi upss! Itu gak baik Neisya! Kamu belum tahu dia, siapa tahu kalau beliau om om, terus kau dibohongin, jangan sok fair gitu donk! Huft, ya bener juga sih, ku urungkan niatku untuk membalas pesan darinya.

Pukul 06.42 sempurna ku sudah hingga di sekolahku tercinta. Yuphs! Hari ini harus semangat Neisy! Walau hampir telat walau ga sarapan tapi harus semangat semngat! 3 menit lagi belpun berbunyi.

“Assalamu’alaikum” haaa?

“Wa’alaikumsalam” mimpi buruk.
“Selamat pagi anak-anak” Tuhan cepatkanlah waktuku hari ini.
“Pagi, Bu” dalam do’aku terselip jam kosong pada jam pertama. Tuhan, tahukah Engkau, Neisya belum sarapan, Neisya ga kuat, Neisya hanya tidak mau merepotkan teman-teman jikalau pada jadinya Neisya pingsan kelaparan. Tapi, do’aku tak terkabul. Sabar!

“Hari ini jam KBM tidak berada di kelas. Ibu akan memberi kiprah pada kalian untuk mencari buku antologi yang berada di perpus. Kalian cari sebuah puisi karya Sutardji Calzoum Bachri! Tulis puisi tersebut pada buku kiprah kalian, hafalkan. Pada pertemuan yang akan tiba eksklusif praktik membaca puisi di depan kelas, faham?”

“Faham, Bu” lagi-lagi hafalan?, i don’t care it, baby. (Efek kemalasan jawaban gak sarapan).
“Ketua kelas, kondisikan kelas supaya tidak ada yang tidak mengerjakan kiprah Ibu hari ini”
“Anak-anak. Ibu ada keperluan hari ini! Tolong, jangan hingga ada yang tidak ke perpus, baik terimakasih Wassalamu’alaikum”
“Wa’alaikumsalam” sesudah Ibu Harti, guru Bahasa Indonesia super disiplin itu meninggalkan kelas, ku eksklusif berlari ke Refan ketua kelasku.
“Fan, gue ke kantin dulu ya!” pintaku (kasihan banget sih aku, kelaparan aja hingga kayak ini)
“Gak dapat Neis, udah kau selesaikan dulu tugasnya”
“Tapi..”


“Udah, kerjakan dulu gres boleh makan sekenyangmu, tapi jangan hingga tertangkap tangan Guru!”

“Asyeek!! Oke, Fan.. makasih yah!” sejurus kemudian ku berlari menuju rak buku referensi, gak susah-susah amat sih menemukan buku antologi karya hmh, sapa tadi.. Hash! Kok lupa sih aku, Tardji siapa yaah, yups! Akhirnya ketemu di depan mataku, owalaa karya Sutardji Calzoum Bachri. Tuhan begitu baik, mempermudahkan segala urusanku..Thanks God, sedikit tergesa-gesa ku berlari menuju dingklik pembaca, ku buka buku tugasku sesudah menemukan judul yang tepat, dan bolpoint!, ku ambil bolpoin putihku di samping kiriku. Semua serba cepat, demi kantin yang ada di benakku.
“Hmh, dek!” seorang perjaka yang duduk di sampingku menyentuh lenganku dengan jari telunjuknya.
“Apa!” tanpa melihat ku jawab dengan singkat. Hih, mau ngapa sih cowo’ ni, mau kenalan? Mau minta nomer hape?, ini perpus bro, bukan Mall. Dongkol banget ih.
“Bolpoint, dek!” apa? Cuma mau pinjem bolpoint, ga sopan ih, tapi gue ketika ini ga mau berdebat, betah-betahin waktu gue buat stay in perpus. Nevermind, ku pinjamkan bolpoint itu, lagian ku masih punya banyak bolpoint di daerah pensilku.
“Huh, Nih!” ku sodorkan bolpoint putih itu seketika ku berhadapan dengan wajahnya, Haappp!! Oh my God cowo’ itu keren, ganteng, kulitnya putih, tatapan matanya.. ouch!! #Plak!! Apa-apa’an ini!, terpesona pada pandangan pertama! Ga baik itu, Neisy!, tapi gue ga dapat munafik.. jujur, gue jatuh cinta.


“Makasih yah”

“Hmh, iya?” sudah, Neisya!, kembali pada pekerjaan awal, dan daerah pensilku, ku cari sebuah bolpoint dan What!!! Gilaa!!, bolpoint putih itu masih ada di daerah pensilku, kemudian yang tadi itu bukan bolpointku, dodol!! Bentuknya, merknya bahkan sama, ahh! Itu bukan bolpointku, kenapa saya main serobot aja dan dengan percaya diri itu milikku, hiks!! Rasanya maluku ini lebih berat dari pada dieksekusi berlari bolak-balik mengelilingi taman sekolah ketika terlambat sama Pak Dono satpam sekolahku, ini lebih berat dari segalanya. Diam-diam ku lirik wajahnya, ahh.. toh kan beliau menertawakanku yang super dodol ini.
“Gapapa kok dek, damai saja” hiks:’( beliau baik.
“Em.. Ma, maaf kak!” Tuhan saya sungguh memalukan.
“Santai aja?” rasanya ingin cepat menghilang dari daerah dudukku ini dalam hitungan 1 detik. Tapi itu mustahil. Ku selesaikan segera kiprah menulis ini supaya saya cepat pergi dari hadapan si dia. Dan yups! Selesai, ku bergegas untuk pergi.
Berjalan dengan linglung ku masih mencicipi perasaan memalukan itu, ah! Ga biasanya kau sebegitu malunya, biasanya kan kau malu-maluin, tapi saya gak munafik. Sambil menentang buku tulisku ku eksklusif menuju kantin, sudah lupakan segalanya!!. Berenang sambil minum air, itulah prinsipku, kalau saya masih dapat mengerjakan kesibukanku di sela-sela kewajibanku, saya niscaya akan mengerjakannya dan ini, makan sambil hafalin formasi puisi. Semangat Neisya.

“ngiau! Kucing dalam darah beliau menderas” ah kata-katanya penuh makna dan panjang banget, niscaya sulit di hafalin, salahku sih peh judulnya kucing aja eksklusif di tulis.

“lewat beliau mengalir ngilu” ups! Seketika ku hentikan ngehafalin puisiku, apa-apaan nih cowo’ tadi kok ada di sini sih, padahal saya sudah melupakannya, saya jadi aib nih kalau ketemu dia, ah lebih baik segera pergi dari daerah ini sebelum beliau mengenal tulang hidungku.

From: Faza

Neisyaa! Cepat pulang. Aku mau curhat nih

Pulang sekolah selalu saja di hadirkan sms darinya, lagi-lagi Faza, hidup ini penuh dengan nama Faza, niscaya tak lain beliau mau curhat soal pacarnya si Fera yang over make-up itu, terperinci aja saya ngerti si Fera itu, wong kelasnya aja bersebelahan sama aku, tapi tetap aja parah! Pacarnya Faza aja ngerti, tapi kenapa hingga kini saya belum ngerti-ngerti Faza juga, lagian akunya aja yang males nyari nama Faza di SMU 3 Solo tercintaku itu. Biarin aja deh gak ngerti, ntar neg ngerti sendiri. Ku balas pesan singkatnya.
To: Faza

Iya, Za. Aku gres pulang nih
Dan pesan terkirim,

“I hope tonight full smile…” Hapeku berdering, gak!! Lebih tepatnya bunyi bertanda ada panggilan masuk, dan huaah! Apa-apaan ini, Faza eksklusif menelfonku, gak ngerti apa, saya belum makan, Za!! Dengan perasaan dongkol ku jawab telefon dari seberang sana.

“Hallo!!” sedikit murka sih, capek tau’ kalau harus dengerin curhatan gak penting dari orang yang gak ku ketahui, tapi ku kenal sih.

“Hih, Neisy! Kok murka sih, tak do’ain anakmu lahir eksklusif menyerupai Mpok Nori tau rasa loe!”
“Aku belum makan, Za. Ntar aja deh curhatnya, yaa”
“Ga bisa, Neisy”
“Ini perut aku! Dia belum makan!”

“Iya, yaa. Hihihihi, murka bener orang ini, ya udah kau ke belakang dulu ambil masakan tapi telefonnya jangan di mati’in yah, ntar kalau udah ngambil eksklusif pegang hapenya ya, kiprah kau cuma dengerin aja kok, gapapa saya biar yang ngomong walau di sela-sela bunyi berisik kunyahanmu. Plisss!” yummy aja, memang situ berani bayar berapa!.

“Ahh, ntaa”
“Pliisss, gapapa yah?”
“Huft, ya deh” menyerah lagi-lagi menyerah gara-gara si kunyuk banyaomong itu, ku eksklusif bergegas ke dapur sambil membawa hapeku. Ku sengaja lama-lamain biar tau’ rasa tuh. Hahaha, tapi kasihan juga, gapapa deh sambil menyelam minum air. Sambil makan ndengerin curhatan orang gak penting.
“Hoey,”
“Hiih, kok usang banget sih”
“Udah, cepetan curhat!”
“Iya iya, gue gak direstui pacaran sama nyokep gue, Neisy” toh kan bener-bener gak penting, toh juga gak nyangkut nyawa hidupku.
“Trus?”


“kok Ga mood gitu sih. Neisy?”
“Gak, saya mood kok. Udah terusin aja”
“Neisy, kita ketemu yuk, saya pengen dongeng panjang ke kamu”
“Apaa?!” makananku hampir keselek.
“Iya, saya tahu, kau belum tahu wajah aku, saya juga belum tahu wajah kamu, Neisy! Lantas kalau kita terus-terusan gini kapan kita tahunya”
“Ehm, baiklah, tapi kau bener-bener siswa SMU 3 Solo, kan? Ehm, maksudku bukan orang lain”

“Maksud kau om om gitu?, ya gak lah Neisy, kau butuh bukti apa, kepala sekolahnya saya kenal, guru bahasa indonesia yang killer itu saya juga kenal, Bu Harti. Iya kan?”
“Iya iya, ketemu dimana?” sebenernya sih, gue juga gak sabar pengen tahu bentuk wajahnya.
“Di Shakefield sebelahnya studio musik Rajo, gimana?”
“Oke,”
“Aku tungggu ntar jam 2 ya”
“Jam 4 aja”
“Oke deh”

“Klik!”

Ku berjalan cepat menuju Shakefield daerah janjianku sama Faza, ku tahu kalau saya sedang terlambat, huft.. sampai, tapi dimana dia, hassh!! Ku saja tak mengenali wajahnya bagaimana saya dapat bertemu dengannya. Segera ku raih telfon genggamku,

To: Faza

Hay, kau dimana?, saya udah di tempat.
Tak usang lagi, beliau membalas pesan singkatku.
From: Faza
Aku daerah duduk paling pojok, deket beling jendela. Kalau kau belum mengenaliku, saya yang menggunakan kemeja coklat.

Ku eksklusif mengarahkan pandanganku ke pojok, yap beliau gak bohong memang ada seorang cowo duduk sendirian di daerah tersebut, dari belakangnya ku berjalan ke arah dia, dan hmh sedikit deg-degan, loh? biasa aja kali.

“Ehm, Faza” seketika beliau menengok ke arahku, jdaar!!! Apa? Ini gak mungkin, Tuhan. Aku gak percaya!! Sungguh,

“Kamu?, hey, saya gak nyangka lo, Neisya ternyata kamu? Hahaha, si bolpoint putih?” Faza ternyata seorang cowo di perpus itu yang pernah membuatku jatuh cinta padanya, Tuhan saya gak percaya.

“Oh, hmh” saya masih aib Tuhan, saya masih gak percaya.
“Hahaha, udah gak usah malu, kenalin. Aku Faza” beliau menyodorkan tangannya seakan-akan kita gres saling kenal.


“Neisya?”
“Mari duduk, mau pesan apa?” beliau baik.
“Milkshake aja”

“Oke, bentar ya” beliau memesan minuman untukku, huft! Aku benar-benar gak percaya, senang kalau ternyata cowo itu orang yang selama ini telah jadi sahabatku, duka kalau kenyataannya Faza sudah punya pacar, cemburu sedikit, tapi saya bukan apa-apa baginya, saya hanya seorang sahabat yang senantiasa menampung curahan hatinya, tapi saya cemburu, saya gak munafik.
“Hey, Sya. Aku benar-benar gak percaya lok, kalau itu kamu. Hahahahha”
“Udah ah, saya aib kalau ngingetnya” bertahap saya mulai dapat menguasai perasaanku.
“Haha, iya-iya. Tapi saya ga dapat melupakan loh”
“Udah… lupakan!!”
“Hahaha, lucu”
“Ihhh, kau curhat apa nih?” ku mengalihkan perhatiannya.
“Ehm, apa ya, kok saya lupa sih”
“Hhih, dodol. Katamu kau gak di restuin sama nyokap?”
“Oh iya bener.. Aku galau Neisy, Nyokapku gak ngerestuin hubunganku, bahkan adikku menentang keras-keras gak boleh pacaran sama dia”
“lha kamunya sayang apa gak?”

“Iya sayang sih”
“Kok ada sih, nya.. Yang niscaya donk”
“Aku sedikit terpaksa Neisy sama dia”
“Omigo… buat apa kau pacaran coba kalau kau aja maksa sayang sama dia,”

“Apa saya harus mutusin dia, Neisy?” kata-kata itu seketika membersitku.
“Itu tergantung hatimu, Za. Cobalah sayangi dia, kasihan beliau kalau kau Cuma menciptakan beliau sebagai selir hatimu, lagian kayaknya beliau juga sayang sama kamu”
“Tapi bagaimana saya meneruskan hubunganku kalau orangtuaku tak merestui”
“Orang renta memang selalu memperlihatkan yang terbaik buat putranya”
“Dia cemburu sama kamu, Neisy”
“Ha? Apa, kok bisa?” sontak saya kaget mendengar pernyataannya.
“Iya memang beliau itu cemburuan, beliau itu selalu membatasi semua yang saya lakukan, gak boleh ini gak boleh itu, sebel tahu ga”
“Dodol!” ku tabok pipinya, tapi gak beneran loh, gak hingga ngebuat pipinya jadi memar merah, habisnya dodol banget, gak ngerti apa maksud pertanyaanku.
“Maksud saya tuh, kok namaku di ikut-ikutkan ke relasi kalian, lagian kan kita gres kenal”
“Dia, tahu apa yang saya kerjakan”
“Waah!” ajaib nih orang ini.
“Ya beliau cemburu ketika ini, kalau saya mutusin beliau kini beliau mesti bilang: kau niscaya punya penggantiku, cewek kalau udah begitu sulit diluluhkan”
“Ya terperinci aja beliau bilang gitu”
“Dia bakalan nangis Neisy,”
“Gue harus gimana, Neisy?”
“Ku tanya sekali lagi, loe benar-benar dapat mengasihi beliau dengan lapang dada gak?”
“Gak tahu”
“Ihh, jadi cowo kok gak tegas sih”
“Aku belum dapat menyayanginya dengan tulus”
“Ingat kata-kata ini: lebih baik disakiti dengan kejujuran dari pada di bahagiakan dengan kebohongan, bisa-bisa kau itu Cuma senang di atas penderitaan orang lain, kau senang alasannya yakni seneng ada yang merhatiin kau ada yang menyapamu dengan penuh kasih sayang, beliau menderita alasannya yakni ternyata orang yang beliau harapin tidak mencintainya menyerupai perasaanmu padanya, mudeng?”
“Aku ga mau jadi penyebab persoalan kalian berdua, semua keputusan ada pada hati kamu” ku meneruskan kata-kataku.
“Aku ngerti, Neisy. Makara saya harus mutusin dia, nyakitin beliau semenjak dini dari pada lebih nyakitin beliau di kelak hari”

“Jangan sekarang, Za. Tunggu kalau beliau yakin tak ada orang ke-3 di antara kalian, jadi kesannya kau mutusin beliau jangan alasannya yakni cewek lain, itu pilihan hatimu”
“Iya, akan ku cari waktu yang tepat”
“Makasih ya, Neisy”
“Iya, gapapa kok. Oh iya saya pulang dulu ya, udah mau petang nih”
“Aku antar sekalian yuk”
“Ga usah, Za. Aku dapat pulang sendri”
“Oh, iya udah, hati-hati ya, Neisy”
“Iya” ke beranjak dari daerah dudukku, seketika beliau menghentikan langkahku.
“Sekali lagi, makasih ya Neisy”
“Iya, gapapa, nyantai aja, kita kan sesama teman, duluan ya Za”
“Iya?”

Bel istirahatpun berbunyi nyaring, ku langkahkan kakiku keluar kelas, jadinya ku dapat keluar bebas menghirup udara luar dari kepenatan bergulat dengan jam pelajaran. Ku berjalan sendiri menuju taman sekolah sesekali ku selipkan headset ke kupingku dan ku dengarkan musik-musik hardrock yang menenangkan.

“Aku mencintaimu, Za!” seketika ku copot heandset dan mendengarkan bunyi lirih yang ternyata arah bunyi tersebut dari Fera di sebuah dingklik taman sekolah, saya tahu siapa cowo di samping Fera itu, itu Faza. Dengan seksama ku dengarkan percakapan mereka berdua tanpa mereka ketahui.
“Tolong, jangan tinggalkan aku, Za” Faza tetap diam, tak sekalipun beliau angkat bicara.
“Siapa, cewek yang udah ganti posisiku di hatimu, Za”
“Ga ada, Fer!” Baru kali itu Faza bicara. Perkataan itu cukup membersitku menyerupai sebuah pisau yang mengenai ujung jari, terasa perih di sesaat kemudian.
“Siapa yang ada di hatimu ketika ini, Za”
Faza tak menjawab.
“Jawab, Za. Siapa?”

“Kamu, Fer. Yakinlah padaku” bukan pisau yang membersitku ketika itu, tapi sebuah pedang tajam mengiris hatiku dengan kejamnya, beliau tidak kejam, tapi saya yang mengkejami diriku sendiri.

“Makasih, Za” seketika Fera memeluk diri Faza. Itu sebuah pemandangan jelek bagiku, ku berlari meninggalkan daerah itu, ku biarkan air mata merembes membasahi pipiku, tak ku hiraukan orang lain memandang ajaib ke arahku, ku ingin menangis Tuhan, ini salahku. Aku bukanlah segalanya. Ku mengharapkan seseorang yang tak sempurna untuk hatiku. Ku mengasihi orang yang salah, ku yang akan mencicipi pedih ini, alasannya yakni ku yang menyayanginya dengan bodoh. Dan ketika sebuah api yang menjadi lilin ketika menerangi kegelapanku, ketika menjadi api unggun yang selalu menghangatiku, tak akan ku berani lagi menyentuh dan mendekatinya, alasannya yakni saya takut, pengecap api itu akan memperabukan kulitku.



 Digital Marketing SMM Panel Spotify Bot Instagram Verified

Komentar

News Feed